cita damai

Lelepah Sungai Progo Pembawa Keberuntungan

Diposting oleh zaens Senin, 07 Maret 2011

progo

Gambar 1. Sungai Progo

Magelang 2009.
Lelepah Adalah setan berwujud raksasa tapi tidak begitu besar, dan katanya suka memakan daging. Apabila sampai bertemu manusia, dia bisa memakan manusia yang ditemuinya.Tapi setan ini sekarang sudah seperti dongeng yang tak lagi populer.

Banyak Warga Sekitar Sungai Progo mengatakan adanya hantu Lelepah yang menghuni disepanjang sungai, Namun tidak dikatakan suka makan daging manusia, hanya memakan daging ikan, Hantu tesebut malah menjadi pesugihan bagi para pemancing. Yah bener banget, Jika ada seseorang yang memancing dan ditemuinya, maka umpannya seperti dijadikan rebutan para ikan – ikan. Lelepah biasanya menemani seseorang yang memancing, diapun melihatkan wujudnya seperti pemancing tapi dengan tubuh besar. Dan yang dia sukai adalah memancing sambil duduk dibatu dan batunya akan berubah seperti bercahaya (semplorot ).

Kronologi salah seorang yang ditemui Lelepah saat memancing di Sungai Progo.

Saat sore hari itu, seperti biasa untuk kegemarannya dia berangkat memancing sendirian, setelah isya’, Dua temannya selalu menyusul. Nah pas detik- detik isya” mulai pergi, datang seorang pemancing ( Lelepah)
yang dikira teman dekatnya.
Dia menghiraukan saja karena pancingnya saat itu pula mulai mendapatkan ikan dan diapuna meliat ikan yang berkelebangan kelaparan banyak dan banyak sampai takterhitung.

Lelepah duduk bersebelahan namun agak menjorok ke sungai, diatas batu itulah dia juga mulai memainkan pancingnya. Taklama kemudian Lelepah itu ditanyain “ Mpun angsal nopo dereng mas ? (sudah dapat apa belum mas)”, namun saat bertanya si pemancing itu tidak menolehkan kepalanya sediktipun karena sibuk dengan pancingnya. Dia menjawab “ hempun (udah)”. Merasa ada yang aneh karena suaranya sangatlah besar, dia menyepatkan untuk menoleh ke arah lelepah dimana dia duduk. Sungguh takbisa dibayangkan ternyata rambutnya yang panjang dan wajahnya yang mengerikan itulah pemandangannya.

Keesokan harinya si pemancing bangun dan sudah mendapati dirinya berada di salah satu rumah warga.
Diapun menceritakan tentang kejadian tersebut, Untungnya
Saat sipemancing pingsan sungai tidak mengalami banjr. Bayangin seandainya saat dia pingsan dan banjir datang sepertinya dia akan terbawa arus.

Bagi yang suka dengan memancing, kalau ingin modal sedikti tapi hasil melimpah silahkan saja mencoba untuk berkunjung dan memancing di Sungai Progo. Sapa tau lelepah dipihak anda ..okey juga kok buat yang dominan berarum jeram!!!

  1. D7 Says:
  2. wahahaha....cerita nya menarik mas,coba kalau mas tanya kepada orng tua di ats sungai progo tsb,letaknya gak jauh dari kuburan swaru.
    ada yg lebih mengerikan lg katanya,hantu tersebut biasa di panggil dg nama mbah sobro,tp hanya muncul jika di panggil dengan ritual2 khusus gt.
    menurut cerita mbah sobro berpakaian ala kyak kraton.dan tingginya hampir sama dengan dinding yg buat panjat tebing.

     

Posting Komentar